Cara Kunci Aplikasi di iPhone agar Aman

Cara Kunci Aplikasi di iPhone agar Aman

Petercozzens – Cara kunci aplikasi di iPhone perlu diterapkan oleh banyak orang. Tujuannya adalah agar aplikasi yang kamu gunakan tidak diakses oleh orang lain. Layaknya smartphone android, ponsel iPhone juga mempunyai aplikasi yang terpasang di dalamnya. Keamanannya pun menjadi rentan saat aplikasi tersebut tidak dikunci.

Mengapa sebuah aplikasi harus dikunci meskipun sudah terpasang pada ponsel pribadi? Hal ini karena aplikasi memiliki sifat krusial bagi pemiliknya. Seseorang yang tidak bertanggung jawab bisa saja mengambil data penting dari aplikasi tersebut. Misalnya aplikasi yang berhubungan dengan pembayaran dan keuangan.

Aplikasi tersebut menjadi rawan lantaran sifatnya yang krusial. Data diri pemilik ponsel bisa jadi ada di dalamnya. Lebih-lebih jika orang lain mengakses barangkali dapat menguras habis rekening tabungan kamu. Tidak hanya aplikasi keuangan atau banking saja. Aplikasi media sosial juga menjadi ladang pencurian data.

Bisa jadi data penting seperti foto ktp atau dokumen pribadi di dalam media sosial tersebut rawan pencurian. Kamu pastinya tidak menginginkan ini terjadi bukan? Nah, agar aplikasi kamu tetap aman digunakan cobalah untuk menguncinya. Masih bingung cara menguncinya bagaimana? Coba cermati penjelasan di bawah ini.

Menggunakan Fitur Restrictions

Sebenarnya jika kita mencermati fitur-fitur yang sudah disematkan pada ponsel ternyata banyak manfaatnya. Apalagi hampir semua ponsel keluaran terbaru sudah mengadopsi fitur keamanan tercanggih. Sayangnya karena belum mengetahui cara mengaktifkannya kita cenderung mengabaikan fitur tersebut. Sayang bukan jika ponsel berteknologi tinggi iPhone masih bisa dibobol?

Pada dasarnya iPhone umumnya sudah menerapkan sistem keamanan tinggi. Namun, jika fitur tersebut belum di aktifikan sama halnya ponsel kurang mendapat perlindungan. Kini, sudah saatnya kamu menggunakan fitur restrictions. Ya, cara kunci aplikasi di iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan fitur tersebut.

Fitur ini sudah ada pada ponsel iPhone. Sehingga kamu tidak perlu mencari aplikasi tambahan untuk mendapatkan fitur tersebut. Bagaimana cara mengaktifkan kunci lewat fitur restrictions? Cobalah membuka bagian setting aplikasi pada ponsel tersebut. Kemudian pilihlah opsi menu general pada halaman setting ponsel.

Kemudian masuklah ke menu generals untuk melanjutkan setting. Pilihlah opsi restrictions pada menu generals tersebut. Pada halaman ini kamu dapat mengaktifkan fitur kunci aplikasi. Pilih opsi enable restrictiosn dengan memasukkan passcode. Temukan aplikasi yang kalian ingin kunci pada halaman restrictions tersebut.

Menggunakan Fitur Touch ID

Selain cara di atas kamu juga dapat mengaktifkan fitur lain pada ponsel iPhone. Sistem keamanannya juga tidak berbeda jauh dengan fitur di atas. Kamu bisa menggunakan fitur Touch ID. Namun fitur tersebut biasanya belum aktif secara langsung. Sehingga untuk menggunakannya perlu menuju ke halaman setting.

Masuklah ke menu setting agar bisa menemukan opsi pilihan Touch ID. Setelah masuk ke menu setting cobalah memilih Touch ID & password. Dalam hal ini kamu perlu memasukkan password. Hal ini penting untuk melanjutkan untuk tahapan selanjutnya. Setelah memasukkan password tekan aktifkan Touch ID.

Pilih opsi aplikasi mana yang ingin dikunci. Kamu juga perlu mengikuti instruksi tambahan sidik jari dari ponsel iPhone. Kemudian barulah kembali lagi ke menu settings. Pada halaman settings masukkanlah passcode dan Toucd ID. Kamu juga bisa mengaktifkan passcode dan Touch ID pada halaman ini.

Pada tahapan tersebut sistem kunci untuk melindungi aplikasi kamu sudah aktif. Untuk membuka aplikasi yang sudah terkunci ini kamu membutuhkan code maupun sidik jari. Penggunaan sidik jari yang tidak cocok akan menyulitkan orang untuk mengakses aplikasi. Cara kunci aplikasi di iphone tersebut terbilang praktis bukan?

You May Also Like

About the Author: admin