Cara Membuat Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Sederhana

Cara membuat aplikasi perpustakaan berbasis web

Petercozzenss – Cara membuat aplikasi perpustakaan berbasis web terkadang membuat bingung. Hal tersebut terjadi apabila kamu tidak mengenal dasar pembuatan aplikasi. Memang secara umum orang IT yang memiliki kemampuan membuat aplikasi. Lebih-lebih aplikasi dengan basis website. Dalam hal ini kamu perlu mengenal bahasa pemrograman.

Aplikasi umumnya digunakan untuk beragam keperluan penggunanya. Terdapat aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone. Namun, ada pula aplikasi yang digunakan di website. Namanya pun aplikasi dengan basis web. Aplikasi tersebut biasanya dimanfaatkan untuk marketplace dan akses database di beberapa instansi.

Aplikasi perpustakaan juga didominasi dengan basis data. Hal ini mengingat perpustakaan adalah tempat instansi meletakkan koleksi buku mereka. Tidak hanya buku fisik saja melainkan buku berbentuk digital semua disimpan dalam aplikasi. Aplikasi tersebut terinstall di sebuah webserver pada lembaga atau instansi.

Misalnya saja kampus, kantor maupun sekolah yang mengharuskan adanya perpustakaan. Oleh karena itu aplikasinya harus dibuat sepraktis mungkin. Sehingga orang yang menggunakannya langsung dapat memahami apa yang akan dikerjakan. Umumnya aplikasi tersebut dioperasikan oleh petugas khusus perpustakaan dan memanfaatkan database tertentu.

Sekilas Tentang Aplikasi Perpustakaan

Saat pertama kali menginjakkan kaki di perpustakaan kamu pastinya akan melihat rak yang terisi beragam buku. Namun, sebelum membaca buku-buku tersebut kamu diharuskan untuk memasukkan id tertentu. Artinya id tersebut menjadi pintu masuk kamu di perpustakaan. Id tersebut akan di input ke dalam aplikasi perpustakaan.

Tentu saja karena itu aplikasi perpustakaan terdiri dari beragam data penting. Salah satunya data setiap orang yang memiliki id untuk memasuki perpustakaan. Dalam hal ini kamu dianggap sebagai peminjam buku perpustakaan. Tidak hanya itu, data yang masuk ke dalam aplikasi akan dicocokan dengan database.

Hal tersebut dilakukan agar pihak perpustakaan mengetahui secara pasti bahwa pemegang id adalah orang yang berhak mengakses. Oleh sebab itu, cara membuat aplikasi perpustakaan berbasis web ini mengandalkan data. Pasalnya tidak hanya data peminjam buku saja yang tersimpan di dalam database aplikasi.

Setiap buku yang keluar masuk perpustakaan akan selalu melalui mekanisme input database. Dengan kata lain ribuan buku harus diinput di dalam sebuah aplikasi dengan basis web tersebut. Tidak hanya itu, dalam aplikasi harus tersedia metode pencarian buku secara mudah dan cepat.

Cara membuat Aplikasi Perpustakaan

Untuk merancang aplikasi khusus perpustakaan dengan basis web kamu membutuhkan beberapa software. Paling tidak ada tiga jenis software yang dibutuhkan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis web. Ketiganya adalah software web server, desain web dan web development. Kamu juga perlu software penunjang lainnya.

Seperti software untuk databases server dan manajer. Kamu dapat memanfaatkan Xampp dan Wamp. Sementara untuk software desainnya dapat menggunakan Corel Draw dan Gimp. Untuk Web development dapat mengandalkan software Dreamweaver dan Notepad serta Sublime. Lantas langkah apa saja yang perlu kamu lakukan?

Pertama yaitu membuat database. Kamu bisa langsung menuju database server dengan MySQL console. Tahapan kedua adalah membuat desain tampilan pada aplikasi. Untuk tahapan ini kamu bisa menuju software Photoshop. Ketiga melakukan slicing pada desain yang sudah dibuat. Terakhir yaitu dengan mengintegrasi program PHP lewat Dreamweaver.

Pada tahapan akhir aplikasi yang sudah jadi perlu dilakukan uji coba. Tujuannya adalah agar aplikasi yang kamu buat dapat bekerja secara maksimal. Saat uji coba tersebut kamu akan bisa melihat kekurangan aplikasi. Cara membuat aplikasi perpustakaan berbasis web juga berlaku untuk jenis serupa.

Baca juga : cara isi shopeepay lewat jenius di web belajarbersamayudha.com

You May Also Like

About the Author: admin